5 Penemuan Hebat tentang Bulan

Penemuan Hebat tentang Bulan

Setelah kedatangan pertama manusia di Bulan pada tahun 1969, penemuan-penemuan yang dapat dibuat para ilmuwan relevan dengan tata surya dan Bumi. Berkat misi Apollo 11 dan perjalanan lainnya ke Bulan, kita sekarang tahu komposisi tanahnya, dan juga memiliki getaran kecil. Tapi selain penemuan hebat, masih terdapat misteri tentang Bulan yang belum terpecahkan.

Seperti yang kita ketahui, NASA sudah mempersiapkan perjalanan ke Bulan pada 2024. Dan penemuan-penemuan berlanjut, karena beberapa hari yang lalu mereka melaporkan penemuan “cairan vital” di Bulan, air.

5 Penemuan Hebat tentang Bulan

Oleh karena itu, di sini kami menyajikan lima penemuan yang sangat penting yang telah dibuat oleh para ahli di sekitar Bulan.

1. Air di Bulan

26 Oktober ini, NASA mengkonfirmasi penemuan air di permukaan Bulan yang diterangi matahari. Penemuan ini sangat penting, karena menegaskan bahwa air dapat didistribusikan ke seluruh permukaan bulan dan tidak terbatas pada tempat-tempat dingin dan tanpa cahaya.

Dalam sebuah pernyataan, NASA mencatat penemuan molekul air, H₂O , di Kawah Clavius , salah satu kawah terbesar di Bulan dan terlihat dari Bumi. Sebelumnya, para ahli mendeteksi beberapa bentuk hidrogen di Bulan, tetapi tidak dapat menentukan apakah itu air atau hidroksil (OH).

Menurut NASA, penemuan ini menimbulkan pertanyaan baru tentang bagaimana air dibuat dan bertahan di permukaan bulan, di mana tidak ada udara.

Namun, mengapa ada lebih banyak air di Kutub Selatan Bulan? Ini adalah salah satu misteri, karena matahari tidak pernah sampai di sana karena sumbu Bulan hampir tegak lurus. Selain itu, ilmuwan menunjukkan bahwa juga akan ada air di Bulan yang terperangkap di bebatuan.

2. Kehidupan di Bumi berkat Bulan

Bulan adalah satu-satunya satelit alami Bumi, di samping itu, sangat penting bagi keberadaan kehidupan di planet kita, karena ia menstabilkan pergerakan Bumi , yang membantu musim dalam setahun tetap stabil.

Selain itu, Bulan adalah penyebab pasang surut , yang sangat penting bagi kelangsungan hidup umat manusia , karena mempengaruhi cara kita menggunakan laut untuk makanan, perjalanan, dan rekreasi.

3. Bagaimana Bulan diciptakan?

Menurut NASA , Bulan terbentuk setelah benda seukuran Mars menghantam Bumi setidaknya 4,5 miliar tahun yang lalu. Kekuatan tumbukan begitu besar sehingga puing-puing dari Bumi dan dari objek yang terkena dampak terlempar ke luar angkasa . Beberapa sisa bahan ini berkumpul untuk menciptakan Bulan.

Oleh karena itu, memahami bagaimana Bulan terbentuk adalah kunci untuk memahami bagaimana planet kita terbentuk.

4. Bulan memberikan petunjuk tentang bagaimana kehidupan dimulai di Bumi

Para ilmuwan percaya bahwa Bumi bertukar meteorit dengan satelitnya, Bulan. Jika teori ini dikonfirmasi, ini dapat membantu kita memahami bagaimana kehidupan terbentuk di planet kita dan kondisi pembentukannya.

Beberapa ahli menyarankan bahwa ada mikroorganisme di Bulan, yang datang ke planet ini ketika sebuah meteorit jatuh di Bumi. Lainnya menunjukkan bahwa perlu untuk mempelajari tanah Bulan, karena dapat memberikan petunjuk tentang perkembangan atmosfer Bumi .

5. Bulan, tameng bagi Bumi

Medan magnet bumi adalah perisai, melindungi manusia dari angin matahari dan radiasi kosmik. Studi terbaru menunjukkan bahwa gravitasi Bulan memainkan peran sentral dalam berfungsinya medan magnet planet kita.

 

5 Penemuan Hebat tentang Bulan

You May Also Like

About the Author: Kabar123

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *