Fakta Menarik tentang Kopi yang Tak Banyak Diketahui

Fakta Menarik tentang Kopi

Minum kopi sudah menjadi gaya hidup di seluruh dunia. Meminum kopi telah menjadi budaya bangsa Arab berabad-abad lalu, yang kemudian diperkenalkan pada dunia Barat. Dari situ kopi menjadi salah satu minuman paling terkenal di dunia dan menjadi gaya hidup miliaran orang. Ternyata, ada fakta-fakta menarik seputar minuman pahit ini yang tidak banyak diketahui. Apa saja itu?

Penjarahan kebun kopi di Kenya

Kopi merupakan salah satu komoditas utama Kenya. Namun, gelombang kejahatan mematikan melanda industri kopi di Kenya sejak 2012. Di Kenya, satu kilo kopi kering bisa dipakai untuk biaya makan selama satu minggu. Kenaikan harga kopi dunia membuat kelompok bersenjata melirik kebun kopi sebagai sasaran penjarahan. Meski pasukan khusus polisi diterjunkan, penjarahan tetap terjadi setiap hari. Hal itu memaksa petani kopi tidur di kebun sehingga mereka bisa mempertahankan diri sewaktu-waktu.

Kafein kopi bermanfaat bagi otak lebah

Sejarah mencatat penemuan tanaman kopi melibatkan cerita penggembala kambing yang bingung melihat ternaknya menjadi bersemangat setelah makan buah kopi. Kafein merupakan salah satu kandungan utama kopi, zat yang dikenal mampu meningkatkan adrenalin. Kafein ternyata merupakan racun bagi siput dan hama kopi lain, namun unsur ini menarik binatang penyerbuk seperti lebah.

Peneliti menemukan fakta bahwa lebah yang mengkonsumsi kafein memiliki ingatan jangka panjang yang lebih kuat. Kafein mempengaruhi otak lebah sehingga membuat lebah mampu mengingat bunga kopi dan cenderung kembali ke sana.

Upacara kopi Ethiopia

Masyarakat Ethiopia memiliki upacara tradisional yang disebut bunna. Upacara ini merupakan salah satu tahapan dalam kehidupan sosial dan rumah tangga masyarakat Ethiopia. Persiapan upacara ini memakan waktu berjam-jam. Upacara ini dimulai dengan mencuci biji kopi, memanggang biji kopi sambil membakar bunga-bunga beraroma. Setelah itu, kopi disajikan dengan dituangkan ke dalam cangkir bersama gula, garam, atau mentega.

Upacara bunna dipraktekkan oleh wanita-wanita Ethiopia dan diajarkan pada anak perempuan sejak kecil. Upacara ini menjadi cara masyarakat Ethiopia untuk menyambut tamu. Beberapa restoran Ethiopia di Amerika dan Inggris menawarkan upacara ini pada pelanggan mereka.

Pelarangan kopi di Inggris pada abad ke-17

Kopi masuk ke Inggris pertama kali pada abad 17 dan disajikan di kedai kopi di seluruh Inggris. Namun, saat itu kopi sangat tidak populer. Wanita-wanita Inggris yang tidak puas dengan kejantanan suami mereka menyebut kopi membuat pria tidak subur seperti padang pasir. Hal itu sempat membuat Raja Charles berupaya melarang orang Inggris meminum kopi.

Namun ketidakpuasan masyarakat atas ide tersebut membuat Raja Charles menghentikan upayanya. Kedai kopi akhirnya menjadi tempat pertemuan bagi tokoh-tokoh sastra dan ilmuwan Inggris, seperti Isaac Newton, Samuel Johnson, dan Alexander Pope.

Pemanfaatan ampas kopi

Setiap hari ada ratusan ribu ton ampas kopi yang terbuang dan tidak termanfaatkan. Karena itu banyak penelitian yang berupaya menemukan inovasi untuk memanfaatkan ampas tersebut. Misalnya, peneliti dari Maine University menyelidiki kemungkinan ampas kopi menjadi bahan bakar. Dilaporkan sebuah perusahaan kopi telah mengirimkan limbahnya untuk diubah menjadi biomass.

Peneliti lain tak kalah unik, mereka menemukan cara untuk mengubah ampas kopi menjadi minuman keras. Mereka meniru proses produksi wiski, memfermentasikan ampas tersebut dan menyulingnya. Hasilnya minuman tersebut diklaim sebagai minuman organik yang aman dikonsumsi.

 

Fakta Menarik tentang Kopi yang Tak Banyak Diketahui

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *